Jumat, 15 April 2011

Cara Mengetahui Orang Yang Sering Melihat Profil Facebook Kita?

Bila Anda penggemar Facebook (FB) mungkin Anda sudah pernah melihat ada halaman Fan Page alias Halaman Penggemar yang menawarkan jasa untuk membuka rahasia kepada Anda siapa saja yang sering melihat halaman Profil kita. Para Facebooker tentu tahu bahwa bagian Profil adalah bagian pada akun facebook kita yang memuat informasi pribadi seperti tanggal lahir, minat/kesukaan, hobby, alamat, dan sebagainya. Boleh jadi orang yang mengintip profil kita adalah orang yang menaruh perhatian terhadap kita dan mungkin kita ingin mengetahui siapakah orang yang sedang 'memperhatikan' kita tersebut.

Saat diperhatikan ada beberapa halaman penggemar (Fan Page) dengan topik yang sama yang menawarkan 'Cara Melihat Orang Yang Mengintip/Melihat Profil FB Kita'. Hebatnya bahkan ada satu Fan Page dengan tema seperti itu yang meraup penyuka alias penekan tombol 'Like' atau 'Suka' hingga mencapai jumlah lebih dari satu juta orang.

Dalam Fan Page tersebut dibuat urutan langkah sedemikian rupa seolah sebagai syarat untuk dapat melihat 'Siapa yang mengintip profil kita'. Diantaranya kita harus mengkopi paste sederet kode yang seolah tampak seperti kode program yang dikatakan harus dikopi ke bagian address dari browser. Selanjutnya menekan tombol sarankan Fan Page tersebut kepada teman yang kita miliki, dan seterusnya sampai membuka halaman aplikasi http://apps.facebook.com/mytopfans dan mengizinkan aplikasi tersebut mengakses profil kita di FB dan jreng.. terlihatlah 8 orang yang sering melihat profil kita!

Sebetulnya Fan Page tersebut telah melakukan pembodohan! Yang disebut kode itu hanyalah sederet kode yang sama sekali tidak ada fungsinya apa-apa. Hanya membuat seolah-olah 'mengetahui orang yang melihat profil kita di FB' adalah sesuatu yang sulit, yang hanya bisa dilihat dengan kemampuan pemrograman tertentu.

Padahal.. cobalah Anda abaikan semua langkah.. kecuali langkah terakhir, abaikan kode-kodenya, jangan pula menyarankan Fan Page tersebut pada orang lain, bahkan langsung saja tinggalkan halaman Fan Page tersebut dan klik tombol Tidak Suka-nya. Pada saat Anda sedang online dengan akun facebook anda langsung saja tuliskan atau kopi paste alamat http://apps.facebook.com/mytopfans di address browser anda dan izinkan aplikasi tersebut mengakses profil anda di FB dan tada!.. 6 s.d. 8 foto orang yang dikatakan biasa melihat profil anda muncul. Oalah gampang sekali kan? Kalau dipikir-pikir banyak banget ya orang yang ketipu Fan Page yang semacam itu.. Ya, maklumlah pembuatnya hanya memanfaatkan rasa penasaran orang lain.

Harus diingat bahwa MyTopFans ini hanyalah sebuah aplikasi Facebook yang pembuatnya bisa siapa saja. Bagi mereka yang mengerti sedikit pemrograman komputer, Facebook memang memberi fasilitas untuk bisa mengembangkan aplikasi bagi para Facebooker. Mengingat hal ini saya sendiri tidak yakin apakah hasil tampilan 'Siapa saja yang melihat profil FB kita' merupakan data yang akurat. Bisa saja khan aplikasi ini hanya diprogram untuk secara acak mencomot 8 orang dari profil di akun FB kita tanpa melihat seberapa sering mereka mengakses profil kita? Apakah statistik FB sedemikian mudahnya diakses oleh pembuat aplikasi yang merupakan orang luar? Kecuali kalau pembuat aplikasi ini adalah Facebook sendiri, lain cerita.. Hanya pembuat aplikasi, Facebook, dan Tuhanlah yang tahu Laughing...


sumber ; visimaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar