Kamis, 28 April 2011

Sejarah Windows dan kedepannnya



Seperti yang kita tau bersama, Windows adalah rangkaian operating system dan GUI yang dibuat oleh microsoft. Windows datang untuk melawan dominasi pasar personal computer yang di dominasi oleh Mac OS. Pada 2004, 90% personal computer di dunia di dominasi oleh Windows.

Windows memiliki beberapa versi, diantaranya, ada yang sukses, ada yang mengenaskan. Kita semua sudah mengetahui bagaimana Windows beralih dari sekedar sistem operasi, menjadi multimedia center yang mumpuni.

Dalam setiap perubahan itu, sebenarnya ada semacam skema yang selalu terulang sejak dulu. Kata orang, sejarah selalu berulang. Bagaimana bentuk skema itu ?

Di bawah ini adalah skema windows sesuai dengan sejarah penjualan nya :


Click this bar to view the full image.


Skema seperti ini sebenarnya biasa terjadi pada dunia bisnis. Naik turun bisnis terjadi sesuai dengan metode masing masing. Strategi ini juga terjadi pada intel, amd, dan serangkaian industri kreatif lain yang memaksa pelaku nya untuk selalu menciptakan terobosan terobosan terbaru guna mengambil hati pasar.

Jika menuruti skema diatas, hasil dari penelusuran di berbagai sumber, maka besar kemungkinan Windows 7 ( vienna ) adalah windows yang sama sukses nya seperti Windows XP.

Kita semua belajar bahwa vitur A diperkenalkan di windows A, tapi baru populer di windows B, rilis berikutnya setelah windows A. Vista mungkin overwhelming pada awalnya, tapi kita semua merasakan bahwa menggunakan vista seperti makan buah simalakama. Windows 7 berencana untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Dengan build ulang dari dasar yang lebih mantap, file installasi yang muat pada sebuah CD, strategi marketing dan software licensing yang baru, semoga apa yang pernah kita lihat di windows Blackomb, cikal bakal vienna, benar benar terwujud.

Sekilas Sejarah Windows

Windows 1

Windows 1 sebenarnya tidak lebih dari MS-DOS yang disempurnakan. Tidak memiliki fitur keren dan memperoleh pasar yang buruk. Windows 1 bukan OS yang lengkap dan jelas langsung terlindas oleh dominasi Mac OS.

Windows 2

Windows 2 rilis pada November 1987, dan sedikit lebih populer dari windows sebelumnya. Baru pada Windows 2.03 produk ini jadi lebih populer karena sudah mulai pseudo multitasking.

Windows 3

Rilis pada 1990, merupakan windows pertama yang laris manis di pasaran. Terjual sebanyak 2 juta kopi dalam 6 bulan pertama. GUI dan fitur yang bertambah merupakan kunci dari Windows 3.1 yang membawa nya berhasil merebut hati pasar. Multitasking adalah kunci penjualan di windows 3.

Windows 95

Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi.

Windows 98

Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE.

Windows ME

Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1 diantara konsep yang kemudian populer di suatu hari ada "plug and play". Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer.

Windows XP

Oktober 2001, microsoft merilis Windows XP, versi windows yang paling banyak di pakai di seluruh dunia sampai sekarang, banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak digunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna professional.

Windows Vista

Vista membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari.

Windows 7

Windows 7 adalah windows yang pertama kali membuat microsoft berdedikasi untuk merilis operating system yang baru setiap 3 tahun. Tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan pasar yang terus melaju cepat, disesuaikan dengan pembenahan fitur yang mengikuti tren teknologi jaman sekarang.

Windows 7 (katanya) akan muat dalam sebuah CD, mampu slipstream install, dan memiliki waktu install hanya 10 menit. Sangat responsif dan hanya menggunakan 480MB memory setelah install. Booting time kurang dari 30 detik. Windows 7 merupakan windows pertama yang ditujukan untuk dioperasikan secara multi-touch, memiliki metode input yang (katanya) revolusioner, dan nantinya, merupakan pengganti windows XP yang sebenarnya.

Melihat dari sejarah dan skema nya, Windows 7 bisa jadi merupakan windows yang nantinya sangat populer di mata pengguna Windows XP dan Vista sekarang. Berbagai fitur baru yang ditujukan untuk multimedia dan gaming, merupakan tujuan dari Windows 7.

Mari kita tunggu kehadiran Windows 7 pada 2010.

Tulisan ini sengaja tidak mencantumkan versi NT dari varian Windows, karena ditujukan untuk home user dan gamer, seperti kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar