Senin, 04 April 2011

Waspadai Penipuan Lewat SMS atau Internet


Anda pernah menerima SMS dari nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai keluarga atau orang dekat dan minta diisikan pulsa atau lainnya? Hati-hati mungkin itu penipuan. Pihak Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) meminta masyarakat mewaspadai upaya penipuan melalui pesan singkat telepon selular.

"Ya memang diakui penipuan melalui telepon selular cukup marak, masyarakat harus mewaspadai hal itu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar di Jakarta, Rabu.

Baharudin mengingatkan agar masyarakat tidak melayani pesan singkat dari oknum yang meminta kiriman pulsa maupun transfer uang ke rekening tertentu.

Disamping melalui telepon selular, pelaku juga berupaya menipu korban melalui kiriman surat elektronik (email) maupun jejaring sosial , seperti facebook, friendster maupun twitter.

"Ini modus lama bahkan pelaku mengaku anggota kepolisian," ujar Baharudin.

Pelaku juga mengaku sebagai penjual barang yang menawarkan produk dagangan dengan modus meminta kiriman uang, namun barang pesanan tidak dikirim.

Perwira menengah kepolisian itu, menuturkan petugas kesulitan melacak nomor telepon selular yang mengirim upaya penipuan tersebut, karena pelaku menggunakan kartu telepon dengan cara sekali pakai dan berganti-ganti.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya membuat informasi publik berisi pesan melalui jejaring sosial, agar masyarakat tidak terkena upaya penipuan melalui telepon selular maupun surat elektronik.

Sumber: ANTARANews.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar